SEJARAH
Jurusan
Ilmu Komputer didirikan pada Tahun 1997 dan memperoleh status terdaftar, sesuai
SK DIRJEN DIKTI No. 433/DIKTI/KEP/1997 tertanggal 19 November 1997, dan
menyelenggarakan Program Pendidikan Stratum 1 (S1). Jurusan Ilmu Komputer memiliki
4 bidang keilmuan yaitu, Computer Science, Multi Media, Hardware dan Sistem
Informasi. Kelompok bidang keilmuan ini ditujukan untuk menampung minat
mahasiswa dan disesuaikan dengan keahlian tenaga pengajar yang ada di Jurusan
Ilmu Komputer.
Dalam rangka menyediakan wahana publikasi dan
meningkatkan motivasi penelitian di kalangan pengajar dan mahasiswa, maka pada
awal tahun 2003 Jurusan Ilmu Komputer menerbitkan Jurnal “Komputasi”, Jurnal
Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika. Jurnal ilmiah tersebut terbit setiap 6
(enam) bulan, dan direncanakan pada awal tahun 2007 akan diajukan proses
akreditasinya.
Program
Studi Ilmu Komputer yang dipelopori oleh pakar TI lulusan Jerman telah
berkembang sangat cepat, baik dalam skala kuantitas mahasiswa maupun kualitas
dan insfrastruktu yang dimiliki, serta berbagai instansi lokal bahkan
internasional. Sebagai pioner dibidang teknologi dan sains, program studi ilmu
komputer mengusung bidang , peminatan Desain Grafis, Multimedia, Hardware
Programming (Mikrocontroler), Visual Programming dan Geografis Information
System (GIS).
Apa
itu RPL?
Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
PERANGKAT LUNAK :
Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.
Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
PERANGKAT LUNAK :
Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.
Beberapa
contoh macam perangkat lunak, yaitu:
* Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org.
* Sistem operasi (operating system) misalnya Linux Ubuntu, Microsoft Windows, Free BSD, Unix, Mac OS.
* Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
* Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.
* Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital dan pengendali jarak jauh.
* Perangkat lunak bebas (free ‘libre’ software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software).
* Perangkat lunak gratis (freeware).
* Perangkat lunak uji coba (shareware / trialware).
* Perangkat lunak perusak (malware).
Garis Besar Kerangka Kurikulum REKAYASA PERANGKAT LUNAK:
* Personal Komputer & Jaringan (merakit, instalasi dan menggunakan sistem operasi)
* Menggunakan Bahasa Pemrograman Komputer (Desktop/Web)
* Merancang, membuat dan mengelola aplikasi pengelolaan data
Tingkatan Sumber Daya Manusia dalam Bidang RPL :
* User / Pengguna
* Operator
* Junior Programmer (Pembuat Program Yunior)
* Senior Programmer (Pembuat Program Senior)
* Analist
Target Pendidikan Jurusan RPL SMK → Operator Menuju Junior Programmer
Lapangan Pekerjaan :
* Semua bidang pekerjaan yang berhubungan dengan komputer
* Programmer Junior
* Operator dan Teknisi Komputer
* Bagian pengolahan data
Proses belajar mengajar di RPL SMKN 2 :
* Normatif
* Adaftif
* Produktif
Produktif :
* Kompetensi Dasar
* Kompetensi Keahlian
Produktif → berisi materi2 utama khas RPLyang akan dibagi menjadi jam kegiatan berikut:
* Tatap Muka (TM)
* Praktek Sekolah (PS)
* Praktek Lapangan (PL)
* Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org.
* Sistem operasi (operating system) misalnya Linux Ubuntu, Microsoft Windows, Free BSD, Unix, Mac OS.
* Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
* Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.
* Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital dan pengendali jarak jauh.
* Perangkat lunak bebas (free ‘libre’ software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software).
* Perangkat lunak gratis (freeware).
* Perangkat lunak uji coba (shareware / trialware).
* Perangkat lunak perusak (malware).
Garis Besar Kerangka Kurikulum REKAYASA PERANGKAT LUNAK:
* Personal Komputer & Jaringan (merakit, instalasi dan menggunakan sistem operasi)
* Menggunakan Bahasa Pemrograman Komputer (Desktop/Web)
* Merancang, membuat dan mengelola aplikasi pengelolaan data
Tingkatan Sumber Daya Manusia dalam Bidang RPL :
* User / Pengguna
* Operator
* Junior Programmer (Pembuat Program Yunior)
* Senior Programmer (Pembuat Program Senior)
* Analist
Target Pendidikan Jurusan RPL SMK → Operator Menuju Junior Programmer
Lapangan Pekerjaan :
* Semua bidang pekerjaan yang berhubungan dengan komputer
* Programmer Junior
* Operator dan Teknisi Komputer
* Bagian pengolahan data
Proses belajar mengajar di RPL SMKN 2 :
* Normatif
* Adaftif
* Produktif
Produktif :
* Kompetensi Dasar
* Kompetensi Keahlian
Produktif → berisi materi2 utama khas RPLyang akan dibagi menjadi jam kegiatan berikut:
* Tatap Muka (TM)
* Praktek Sekolah (PS)
* Praktek Lapangan (PL)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar