Jumat, 02 November 2012

Apa Itu RPL


SEJARAH
       Jurusan Ilmu Komputer didirikan pada Tahun 1997 dan memperoleh status terdaftar, sesuai SK DIRJEN DIKTI No. 433/DIKTI/KEP/1997 tertanggal 19 November 1997, dan menyelenggarakan Program Pendidikan Stratum 1 (S1). Jurusan Ilmu Komputer memiliki 4 bidang keilmuan yaitu, Computer Science, Multi Media, Hardware dan Sistem Informasi. Kelompok bidang keilmuan ini ditujukan untuk menampung minat mahasiswa dan disesuaikan dengan keahlian tenaga pengajar yang ada di Jurusan Ilmu Komputer.
       Dalam rangka menyediakan wahana publikasi dan meningkatkan motivasi penelitian di kalangan pengajar dan mahasiswa, maka pada awal tahun 2003 Jurusan Ilmu Komputer menerbitkan Jurnal “Komputasi”, Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika. Jurnal ilmiah tersebut terbit setiap 6 (enam) bulan, dan direncanakan pada awal tahun 2007 akan diajukan proses akreditasinya.
       Program Studi Ilmu Komputer yang dipelopori oleh pakar TI lulusan Jerman telah berkembang sangat cepat, baik dalam skala kuantitas mahasiswa maupun kualitas dan insfrastruktu yang dimiliki, serta berbagai instansi lokal bahkan internasional. Sebagai pioner dibidang teknologi dan sains, program studi ilmu komputer mengusung bidang , peminatan Desain Grafis, Multimedia, Hardware Programming (Mikrocontroler), Visual Programming dan Geografis Information System (GIS).     
Apa itu RPL?

        Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

    PERANGKAT LUNAK :

        Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.
Beberapa contoh macam perangkat lunak, yaitu:

* Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org.
* Sistem operasi (operating system) misalnya Linux Ubuntu, Microsoft Windows, Free BSD, Unix, Mac OS.
* Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
* Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.
* Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital dan pengendali jarak jauh.
* Perangkat lunak bebas (free ‘libre’ software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software).
* Perangkat lunak gratis (freeware).
* Perangkat lunak uji coba (shareware / trialware).
* Perangkat lunak perusak (malware).

Garis Besar Kerangka Kurikulum REKAYASA PERANGKAT LUNAK:

* Personal Komputer & Jaringan (merakit, instalasi dan menggunakan sistem operasi)
* Menggunakan Bahasa Pemrograman Komputer (Desktop/Web)
* Merancang, membuat dan mengelola aplikasi pengelolaan data

Tingkatan Sumber Daya Manusia dalam Bidang RPL :

* User / Pengguna
* Operator
* Junior Programmer (Pembuat Program Yunior)
* Senior Programmer (Pembuat Program Senior)
* Analist

Target Pendidikan Jurusan RPL SMK Operator Menuju Junior Programmer

Lapangan Pekerjaan :

* Semua bidang pekerjaan yang berhubungan dengan komputer
* Programmer Junior
* Operator dan Teknisi Komputer
* Bagian pengolahan data

Proses belajar mengajar di RPL SMKN 2 :

* Normatif
* Adaftif
* Produktif

Produktif :

* Kompetensi Dasar
* Kompetensi Keahlian

Produktif → berisi materi2 utama khas RPLyang akan dibagi menjadi jam kegiatan berikut:

* Tatap Muka (TM)
* Praktek Sekolah (PS)
* Praktek Lapangan (PL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar